Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Rabu, 19 November 2008

FLP Batamindo : Program SMART WRITING ke SMPN 16 Batam

Keinginan yang besar untuk ‘menularkan’ minat menulis ke– pada siswa-siswi SMPN 16 Batam semakin menyala ketika peserta pelatihan yang berjumlah 37 siswa menyambut hangat kedatangan tim FLP Batamindo yang berjumlah 4 orang pada Sabtu, 15 November 2008 pukul 10.00 WIB. Mereka adalah Alim, Prita, Vina dan Puput.



Ini adalah kali pertama FLP Batamindo mengadakan pelatihan di sekolah. Pelatihan ini bertujuan untuk menggali potensi yang dimiliki oleh siswa-siswi yang mempunyai ketertarikan terhadap dunia menulis. InsyaAllah pelatihan seperti ini akan dilanjutkan ke berbagai sekolah yang ada di Batam.








Dari quisioner yang dibagikan kepada peserta yang terdiri dari siswa kelas I dan II ini menunjukkan bahwa 35 peserta suka menulis (95%), hanya 2 siswa yang tidak tertarik dengan menulis (5%). Di sinilah tantangan yang harus dihadapi, mengembangkannya dari yang hanya suka menulis menjadi penulis yang berprestasi dan mencerdaskan, di samping memberikan motivasi kepada peserta yang tidak suka menulis menjadi hobi dan akhirnya menjadi penulis berkualitas di masa mendatang.



“Saya akan ingin meraih cita-cita menjadi penulis”, ungkap beberapa peserta.
Pada pertemuan pertama ini, pertama-tama peserta diberi pengertian bahwa ternyata menulis tidaklah sesulit yang dibayangkan selama ini. Menulis hanya membutuhkan keinginan yang kuat dan rumus 3M, yaitu dimulai dengan menulis, menulis dan menulis. Setelah faham dengan rumus menulis, peserta dibagi menjadi 4 kelompok. Dalam waktu 30 menit, setiap kelompok diharuskan menulis peristiwa yang ada di sekitar lingkungan sekolah. Karena jadual hari Sabtu adalah pengembangan diri sehingga begitu banyak kegiatan lain di lingkungan sekolah. Ada yang merekam kejadian siswa lain yang sedang melakukan olahraga, menuliskan kondisi sekolah, dan aktivitas-aktivitas yang terjadi selama pelatihan.



Setelah selesai, setiap kelompok mendapat tugas merangkum hasil tulisan anggota masing-masing dan akan dibacakan pada pertemuan selanjutanya, 29 November 2008.
Di sela-sela pelatihan, Prita memberikan sebuah games sehingga membuat suasana pelatihan terasa lebih akrab.


Pelatihan hari pertama ditutup seiring bel tanda pulang berbunyi pada pukul 11.30 WIB. (alim)

Tidak ada komentar: